AcehBener MeriahGAYOHukumNasional

Panglima Kodam Resmikan Kodim 0119 Bener Meriah, Valyan Tatyunis jadi Dandim Pertama

Diresmikan pula Satuan Tempur Yonif 117 dan Subden Pom 07 Bener Meriah

Press Release

BANDA ACEH, SUARAGAYO.com – Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Hasanuddin, secara telah meresmikan Komando Distrik Militer (Kodim) 0119/Bener Meriah, Selasa (11/8/2020).

Selain itu diresmikan pula Satuan Tempur Yonif 117 dan Subden Pom 07 Bener Meriah  di Gampong Cucum, Kecamatan Jantho, Kabupaten Aceh Besar.

Kegiatan peresmian itu di hadiri Plt Gubenur Aceh, Nova Iriansyah, Kapolda Aceh Irjend Pol Wahyu Widada, Danrem 011, Kolonel Inf Sumiranting Baskoro, Danrem 012 Kolonel Inf Djon Afriandi, Bupati Aceh Besar Mawardi Ali, serta Sekda Bener Meriah Drs Halili Yoga.

Pembentukan Kodim 0119 Bener Meriah tersebut sesuai penataan satuan dan pembentukan satuan baru jajaran TNI AD khususnya di Kodam Iskandar Muda untuk wilayah Korem 011 dan Korem 012.

Wiilayah Korem 011/ Lilawangsa yang di resmikan Kodim 0119 dan Subden Pom 07 untuk wilayah korem 012 Tengku Umar Yonif 117.

Sementara untuk Kodim 0119 Bener Meriah di pimpin oleh Letnan kolonel Inf Valyan Tatyunis, sekaligus menjadi Dandim pertama yang menjabat di wilayah bener meriah.

Dalam Sambutannya Pangdam Mayjen TNI Hasanuddin mengatakan, Kodim sebagai pelaksana tugas pembinaan teritorial yang berkedudukan langsung di bawah Komandan Korem, memiliki tugas pokok menyelenggarakan pembinaan teritorial untuk pemberdayaan wilayah pertahanan di tingkat kabupaten.

“Semakin berkembangnya kondisi sosial budaya masyarakat, pertambahan jumlah populasi penduduk serta pemekaran sejumlah Kabupaten di daerah yang semakin bertambah, menjadi alasan Kodam menyetujui penambahan Kodim baru sesuai pertimbangan dan kajian untuk mengoptimalkan pelaksanaan pembinaan teritorial guna menjangkau ke seluruh lapisan masyarakat,” jelas Hasanuddin, dalam rilis yang diterima Suaragayo.com.

Berdasarkan tugas pokoknya Kodim lanjut Hasanuddin, memiliki peran penting sebagai penjuru terdepan Korem dalam melaksanakan tugas pembinaan teritorial untuk menciptakan stabilitas wilayahnya.

Kodim 0119 beber meriah baru yang diresmikan Selasa, sebagian besar merupakan peningkatan status dari pecahan Kodim 0106 Aceh Tengah sebagai upaya mengoptimalkan pelaksanaan tugas pembinaan teritorial membantu masyarakat dalam mengatasi permasalahan dan kesulitan yang dihadapi.

“Dengan adanya Kodim baru diharapkan tugas pembinaan kewilayahan oleh Koramil dapat dilaksanakan secara efektif, efisien karena akan diikuti penambahan personel baru untuk meningkatkan kerja sama dengan seluruh komponen masyarakat dalam meningkatkan kemanunggalan TNI dan rakyat,” jelas Hasanuddin.

Keberadaan para Babinsa di tengah masyarakat lanjut Hasanuddin, diharapkan dapat menjadi solusi dalam mengatasi kesulitan masyarakat di wilayah bener meriah dengan berbagai program teritorial baik melalui kegiatan bakti sosial, karya bakti maupun program pengentasan kemiskinan yang dicanangkan pemerintah.

Kodim 0119/ Bener Meriah diharpkan juga dapat memberi dampak positif dalam membentuk masyarakat produktif, memberikan kemudahan dalam hal koordinasi dan kerjasama dengan instansi terkait baik dari Polri dan Pemerintah setempat.

“Keterpaduan kerjasama Kodim dengan para tokoh agama, masyarakat, adat dan pemuda merupakan upaya nyata mensejahterakan masyarakat dan mendukung percepatan pembangunan di Kabupaten Bener Meriah,” tutup Pandam Iskandar muda saat itu.

Editor: Iwan Bahagia

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button