GAYOTakengon

Pemkab Aceh Tengah Dukung Blang Kolak 1 Menjadi Kampung Layak Anak

TAKENGON,SUARAGAYO.Com – Kabupaten Aceh Tengah kini mempersiapkan diri menuju Kabupaten/ Kota layak anak dan mendorong Kampung Blang Kolak I menjadi Kampung Layak Anak (KLA).

Kampung Blang Kolak I, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah, merupakan salah satu kampung yang berinisiatif dari arus bawah sebagai kampung layak anak.

“Kami bersama-sama sedang berusaha mewujudkan kabupaten Aceh Tengah menjadi kabupaten/ kota layak anak. Kampung ini juga terdapat fasilitas yang mengacu kepada kegiatan anak-anak seperti PAUD, TK, TPA dan kegiatan lainnya,” Kepala Dinas KBP3A Aceh Tengah, Alam Suhada, saat dihubungi Suaragayo.com via telepon seluler, Senin (26/7/2021).

Menurut Alam Suhada, terdapat lima klaster yang menjadi agar sebuah kampung mendapat predikat KLA.

“Klaster itu adalah hak kebebasan sipil, lingkungan keluarga dan pengusaha alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budidaya serta klaster yang terakhir yakni perlindungan khusus,” ujar Alam.

Sejauh ini lanjut dia, kendala yang dihadapi dalam mewujudkan kampung Blang kolak I menjadi KLA lebih kepada pemahaman kepada masyarakat terkait dengan KLA.

Kepala Dinas KBP3A Aceh Tengah, Alam Suhada. (Foto: Iwan Bahagia)
Kepala Dinas KBP3A Aceh Tengah, Alam Suhada. (Foto: Iwan Bahagia)

“Masih banyak masyarakat yang belum memahami tentang kampung layak anak ini, sehingga ini menjadi kendala yang kami hadapi. Disamping itu kami terus berusaha memberikan pemahaman dan harus terus kami sosialisasi di setiap pertemuan,” ungkap Alam.

Ia berharap Kabupaten Aceh Tengah menjadi kabupaten/kota Layak Anak ke depan nanti, serta pihaknya berkomitmen untuk melakukan pemenuhan hak anak baik di kampung maupun di kota.***

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button