Bener MeriahGAYONasional

Pemkab Bener Meriah dan DJKN Wilayah Aceh Bicarakan Persiapan Lelang Kopi dengan Aplikasi

Penulis: Iwan Bahagia

BANDA ACEH, SUARAGAYO.Com – Pemerintah Bener Meriah, menindaklanjuti isu pemasaran kopi Gayo, Sekda Bener Meriah, Haili Yoga bersama Kepala BKPA, Marwan, menemui Kepala Kantor Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Wilayah Aceh, Dr Sukriah dan Kepala Kantor Pajak Wilayah Aceh, Imanul Hakim di Kantor DJKN Aceh di Banda Aceh, Kamis (2/7/2021).

 

Pertemuan itu untuk dilakukan setelah pembahasan pemasaran kopi Gayo yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bener Meriah dengan pihak DJKN  pada 18 Juni lalu di aula Pendopo Bupati Bener Meriah.

Saat itu, Pemkab menggelar pertemuan bertajuk  “Sosialisasi Penjualan Produk Kopi Gayo Melalui Lelang DJKN”, kepada para pelaku UMKM, Petani Kopi, dan koperasi di daerah tersebut, yang dihadiri langsung oleh Plt Bupati Bener Meriah, Dailami.

 

Pertemuan di Banda Aceh kali ini juga sekaligus menindaklanjuti hasil pemaparan yang disampaikan Sekda Bener Meriah pada saat rapat di Banda Aceh beberapa waktu lalu.

 

Pada kegiatan di Kantor DJKN Wilayah Aceh tersebut Haili Yoga menjelaskan, pertemuan itu membahas kepastian dengan rencana penjualan produk kopi Gayo melalui aplikasi lelang DJKN, guna mendapatkan harga yang sesuai. Mengingat selama pandemi Covid-19, harga Kopi Arabika Gayo yang merupakan kopi kualitas terbaik dunia  mengalami penurunan harga utamanya di Bener Meriah.

“Dari hasil pertemuan ini, DJKN Wilayah Aceh berkomitmen untuk  membantu petani dan pengusaha kopi  kita melalui sarana yang dimiliki DJKN  yaitu lelang dengan sasaran pasar domestik terlebih dahulu. Dan sebagai langkah awal DJKN  Aceh akan melakukan Webinar Kopi Gayo yang InsyaAllah akan diselenggarakan pada akhir bulan Juli 2021 ini, dengan narasumber beberapa praktisi dari Dataran Tinggi Gayo,” kata Haili Yoga, yang juga akan menjadi salah satu narasumber mewakuli Pemerintah Daerah.

 

Dijelaskan, sebanyak 500 pengusaha dan pembeli kopi dari seluruh Indonesia akan menjadi peserta, ditambah para petani kopi dari Kabupaten  Bener Meriah.

 

“Kegiatan ini nantinya juga akan menghadirkan Dirjen Kekayaan Negara Kementerian Keuangan dan para Pejabat Esselon I,” papar Sekda.

Bersama DJKN, Sekda mengungkapkan rencana pemasaran kopi Gayo, dan akan segera menginstruksikan kepada dinas terkait untuk mengambil peran dan program yang dianggap strategis tersebut.

“Saya akan menginstruksikan kepada OPD terkait agar mengambil peran aktif dalam menyukseskan program tersebut, seperti Dinas Perdagangan dan Perindustrian harus berperan dalam pembinaan dan pengawasan proses perdagangannya, Dinas Komunikasi dan Informatika dalam publikasi dan sosialisasi teknologi yang digunakan dalam program ini,”

“Dinas Koperasi dan UKM dalam pembinaan Koperasi Usaha Pertanian,  Koperasi Pertanian dan Pangan harus optimal melakukan penyuluhan guna meningkatkan kualitas dan produktifitas agar produk pertanian kita dapat bersaing dipasaran,” papar Haili Yoga.

Persoalan mekanisme proses lelang produk Kopi Gayo dan produk pertanian lainnya jelas Haili Yoga, akan dibicarakan kemudian, intinya pihak DJKN  bekerjasama dengan Pemkab Bener Meriah berkomitmen akan memfasilitasi pengusaha dan petani kopi yang bersedia mengikuti lelang melalui Aplikasi Lelang DJKN. Kedua belah pibak juga bersepakat akan membantu proses administrasi dan pendaftaran.

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button