AcehBener MeriahNasionalPolitik

Pemkab Bener Meriah Usul Perubahan Dapil DPR RI di Aceh ke Mendagri, Berikut Rincian Daerahnya

Penulis: Iwan Bahagia

 

 

JAKARTA, SUARAGAYO.Com – Pelaksana Tugas Bupati (Plt) Bupati Bener Meriah, Dailami, telah selesai melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) penyelesaian segmen batas dengan kabupaten sejumlah kabupaten tetangga, yakni Aceh Tengah, Bener Meriah dan Bireuen.

 

Pada kesempatan itu, Dailami menyempatkan diri untuk bertemu langsung dengan Plh Dirjen Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Suhajar Diantoro.

Dapil DPR RI Aceh

Seperti rilis yang diterima Suaragayo.com, Sabtu (26/6/2021), pada saat itu Dailami mengusulkan perubahan daerah Pemilihan (Dapil) untuk DPR RI di Provinsi Aceh kepada Suhajar.

 

Permintaan itu berupa ditelaahkannya kembali dan dipertimbangkan perubahannya Dapil sesuai usulan Pemkab Bener Meriah.

 

Menurut Dailami, saat ini Dapil Aceh 1 terdiri dari 8 kabupaten/ kota, yaitu langsa, Lhokseumawe, Bireuen, Bener Meriah, Aceh Tengah, Aceh Utara, Aceh Timur dan Aceh Tamiang.

 

Sementara untuk Dapil Aceh 2 terdiri dari 15 Kabupaten/ kota yaitu, Banda Aceh, Sabang, Subussalam, Aceh Besar, Aceh Jaya, Pidie, Pidie Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Abdya, Gayo Lues, Aceh Tenggara, Aceh Selatan, Singkil dan Simelue.

 

Untuk usulan perubahan yang disampaikan antara lain untuk Dapil Aceh 1, kabupaten/ kota yang bergabung Langsa, Lhokseumawe, Aceh tenggara, Bener Meriah, Aceh Tengah, Aceh Utara, Aceh Timur, Gayo lues dan Aceh Tamiang.

 

Kemudian untuk Dapil Aceh 2 yakni Banda Aceh, Sabang, Subussalam, Aceh Besar, Aceh Jaya, Pidie, Pidie Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Abdya, Bireun, Aceh selatan, Singkil dan Simelue.

Usulam Dapil DPR RI wilayah tengah Aceh oleh Pemkab Bener Meriah.

 

Alasan Dailami meminta pertimbangan usulan perubahan Dapil ini, karena melihat kondisi geografis yaitu menyatukan wilayah tengah dalam satu daerah pemilihan, denga harapan dapat diakomodir oleh Kemendagri. Sebab, perubahan ini membuka kesempatan kepada putra dan putri terbaik dari wilayah tengah untuk membawa aspirasi masyarakat di parlemen DPR RI.

 

Selain itu, dailami berharap agar perubahan Dapil dapat dilakukan pada Pemilu yang akan datang, yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang ada.

 

Menanggapi usulan itu, Plh Dirjen Administrasi Kewilayahan Kemendagri Suhajar Diantoro menjelaskan, bahwa ia akan melakukan pengkajian atas usulan tersebut dan berupaya mengakomodirnya dengan melihat beberapa pertimbangan kewilayahan.

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button