GAYOlingkunganTakengonTravelTravel

Perkenalkan 4 Air Terjun Datu Jaluk yang Mempesona, Rekomendasi untuk Berswafoto

4 Air Terjun terpisah dengan 3 air tejun yang lain

Penulis: Desi Mentari

TAKENGON, SUARAGAYO.com – Air terjun Datu Jaluk, merupakan air terjun yang terletak di Kampung Jaluk Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh Tengah.

Air terjun ini memiliki pesona tersendiri dengan panorama keindahan air yang dialirinya.

Air Terjun Datu Jaluk berada di antara dua bukit yang ditanami perkebunan kopi masyarakat jaluk.

Aliran air terjun disalah satu lokasi wisata Datu Jaluk.

Hijaunya pemandangan yang terbalut indah dengan warna pepohonan kopi dan pepohonan lain yang menjulang tinggi, membuat air terjun Datu Jaluk tampak tertutup.

Inisiatif pemuda kampung sangat besar untuk mengembangkan air terjun Datu Jaluk. Air terjun ini belum lama di buka oleh pemuda setempat.

Saat ditemui dilokasi tersebut, Aziz (25), seorang pemuda dari Kampung Jaluk, ikut serta dalam membangun potensi wisata air terjun Datu Jaluk.

“Yang membedakan dengan air terjun lain mungkin lebih spesifiknya jumlah air Terjun dalam satu lokasi, yaitu 4 titik air terjun dalam satu lokasi, 3 di antaranya berdekatan dan 1 lainnya membutuhkan waktu tempuh sekitar 50-80 meter perjalanan untuk mencapai tempat nya,”

“Karena tidak dapat turun langsung, melainkan harus memutari jalan untuk dapat turun ketempat tersebut,” Terang ujar kembali.

Air terjun yang pertama ditemui di Air Terjun Datu Jaluk

Jalan yang terjal menuju air terjun datu jaluk yang harus melewati perkebunan kopi warga, sehingga seni mendaki alam akan kental terasa.

Meski demikian, pengunjung yang sudah menyambangi lokasi air terjun Datu Jaluk tidak mengeluhkan lelahnya mengarungi perjalanan, sebab setimpal dengan pesona air terjun yang sangat memuaskan dengan panorama keindahan alamnya.

Keindahan air terjun Datu Jaluk membuat siapapun yang datang terpesona.

“Sepeda motor harus di letakkan di dekat halaman masjid, jadi mereka harus berjalan menuju air terjun dengan jarak 1-1,5 kilometer,” Jelas Aziz.

Lokasi ini juga memiliki beberapa spot foto, akses jalan yang masih sulit untuk di tempuh pengunjung merupakan suatu target pemuda kampung jaluk untuk di perbaiki.

“Akses jalan yang memadai salah satunya target kami tahun 2021, kami berupaya secepatnya membuka akses jalan yang layak dan dapat dibuka untuk pengunjung di kemudian hari,” sebut Aziz kembali.

Spot foto? Tentu saja, lokasi ini rekomendasi bagi yang penyuka keindaham air terjun.

“Untuk sekarang tarif yg di ambil tidak perorang melainkan hanya parkir kendaraan kisaran 10 K – 15 ribu Rupiah. Hasil dari uang tarif tersebut dibagi menjadi tiga bagian yaitu untuk masyarakat karena membantu perekonomian warga sekitar,”

“Berikutnya untuk pembangunan masjid karena hasil yang di dapatkan dari air Terjun tersebut sebagian akan di sumbangkan untuk pembangunan masjid dan untuk pemuda pemudi karena dengan adanya wisata air Terjun tersebut menambah KAS pemuda/i kampung jaluk” Papar Aziz.

Air terjun datu jaluk adalah wisata yang tersembunyi pesona keindahannya, segarnya air, panorama pemandangan alamnya yang asri, dan persona 4 air terjun dalam satu lokasi, membuat siapapun yang datang akan terkesima.

Mari berkunjung ke air terjun Datu Jaluk dan berswafoto dengan spot terbaik, berserta tag ig: air_terjun_datujaluk.

Jika berkunjung ke air terjun ini, atau lokasi wsata lain, tetap menjaga kebersihan, kalau bukan kita yang menjaga kebersihan alam siapa lagi?

Para memuda Jaluk berpesan, jagalah alam, maka alam akan memberikan keindahan dan menjaga manusia.

Editor: Iwan Bahagia

Sumber foto: instagram akun: air_terjun_datujaluk

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button