AcehGAYOOlahragaTakengonTravel

Pertama di Aceh, Event Sepeda Berskala Nasional Gayo Enduro Digelar Pagi ini di Kebayakan

Penulis: Iwan Bahagia

TAKENGON, SUARAGAYO.Com – Event Enduro North Sumatera (ENS) seri 2 untuk pertama kali digelar di Aceh pada 25-26 Desember 2021.

Gelaran itu semula sukses dilakukan Kaldera Nomedik, Sumatera Utara pada 1 Juni lalu.

Gayo Enduro merupakan event lomba sepeda gunung dan juga Sepeda Wisata yang dilepas di Bur (Bukit) Pepara (Bur/ Puncak Origon), Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah.

Race kualifikasi sudah dilakukan oleh peserta pada 25 Desember. Dari 122 peserta, hanya 117 orang yang lolos pada race enduro, karena 5 peserta mengalami crash saat kualifikasi enduro berlangsung dan mengalami cidera, sehingga sempat mendapat perawatan insentif di RSU Datu Beru Takengon.

“Jadi yang lolos kualifikasi hanya 117 orang baik untuk kelas men dan women, sisanya mengalami crash pada pertandingan tadi,” kata Jubir Gayo Enduro, Vito Fitra.

Gayo Enduro merupakan event lomba sepeda gunung dan juga Sepeda Wisata yang direncanakan dilepas di Bur (Bukit) Pepara (Bur/ Puncak Origon), Kecamatan Lut Tawar.

Acara ini merupakan rangkaian kegiatan Enduro North Sumatera (ENS) Seri ke-2 yang menggandeng ISSI Aceh Tengah.

Menurut Vito, kegiatan ini melibatkan berbagai pembalap seped profesional dan pencinta olahraga kayuh di Sumatera dan berbagai daerah lain di Indonesia.

“Yang sudah mendaftar dari Jawa Timur, DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Sumbar, Kepulauan Riau dan Provinsi Riau serta Sumut dan Aceh,” jelas Vito, ditemui di WRB Coffee Shop, Rabu (22/12/2021).

Acara itu dilaksanakan selama dua hari dengan mengikuti standart protokol kesehatan.

“Start di Bur Pepara, dan finish di Mendale. Jadi awalnya peserta diangkut ke Bur Pepara untuk ke garis start, kemudian melalui jalan hutan dan perkebunan warga, baru ke finish di sekitar kawasan Puteri Pukes, Kebayakan,” sebut Vito.

Selain itu, pemandangan Danau Lut Tawar akan dinikmati peserta setelah tiba di venue yang disiapkan panitia, yakni di kawasan wisata Ujung Mepar dengan konsep camping ground, tepatnya sisi utara Danau Lut Tawar.

Terkait pendaftaran lanjut Vito, panitia sudah membuka sejak November lalu, dan akan memberikan waktu hingga 23 Desember lalu.

Kategori lomba Gayo Enduro yang yaitu kelas Men Junior, yakni usia di bawah 19 tahun, Men Open 20 Tahun ke atas, Men Master A untuk peserta yang berusia 30 Tahun keatas yang belum pernah meraih juara 1, 2 dan 3 Enduro North Sumatera (ESN) Seri 1 2021 maupun seri terakhir 2020.

Kelas lainnya yakni Men Master A untuk pria berusia 30 hingga 39 Tahun yang belum pernah juara ESN, Men Master berusia 40 hingga 49 Tahun yang belum pernah juara ESN.

Men Master C juga diperuntukkan bagi Laki-laki berusia 50 Tahun keatas yang belum pernah meraih juara ENS.

Sementara untuk wanita, kelas Women Open diperunttukkan bagi usia bebas.

Mengenai peraturan, Vito memaparkan bahwa perlombaan ini merupakan perlombaan sepeda gunung atau mountainbike dengan model Enduro (END).

“Perlombaan race ini bekerja sama dengan ISSI Aceh Tengah dan mengikuti Rules United Cycling International (UCI),” kata Vito yang juga salah seorang pengurus ISSI Aceh Tengah tersebut.

Peserta juga wajib menggunakan sepeda jemis MTB (XC, AM, DH), dan tidak diperkenankan selain jenis tersebut.

“Setiap peserta juga wajib mengutamakan keselamatan dengan menggunakan perlengkapan safety seperti helm, sepatu, protector dan sarung tangan. Peserta harus berlaku sportif dan memberi laluan kepada pelomba yang lebih cepat di belakangnya,” ucap Vito.

Pagi pebalap yang terhalang oleh peserta di depannya, tegas Vito, tidak dapat mengajukan start ulang.

Bahkan setiap gangguan lintasan terhadap peserta lomba yang tidak dapat dikonfirmasi oleh marshall lintasan, tidk dianggap sebagai gangguan yang dapat menimbulkan hak start ulang.

“Setiap peserta wajib mengabsen dengan mencolokkan transponder Sportident kepada petugas LS dan SS baik saat start dan juga finish, serta beberapa peraturan lain yang harus dipatuhi,” pungkas Vito.

Kegiatan ini juga didukung oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, serta Suaragayo.com turut menjadi media patner Gayo Enduro.

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button