GAYOOlahragaTakengon

Piala Bupati Aceh Tengah dan Pra PORA Cabang Pencak Silat Resmi Dimulai

Penulis: Iwan Bahagia

TAKENGON, SUARAGAYO.Com – Multi Event dan Single Event Piala Bupati Aceh Tengah dan  Pra Pekan Olahraga Aceh (Pra PORA) di Gedung Olahrag (GOR) Gentala Takengon, resmi dimulai, Sabtu (22/11/2021).

 

Acara itu dibuka oleh Asisten Pemerintahan, Keistimewaan, dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Aceh Tengah, Mursyid.

Dalam kesempatan itu, Mursyid yang membacakan sambutan Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar dalam mengatakan, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah sangat mendukung penyelenggaraan kegiatan kejuaraan tersebut, demi mempersiapkan para atlet untuk bertanding pada kejuaraan yang lebih tinggi.

Pencak Silat jelas Shabela, merupakan warisan leluhur bangsa yang wajib dilestarikan agar hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

“Selaku pimpinan daerah, Kami sangat mendukung event ini. Selain sebagai ajang kejuaraan bergengsi, event ini juga menjadi upaya Kita dalam melestarikan Pencak Silat sebagai salah satu dari budaya warisan leluhur bangsa, kiranya agar cabang olahraga ini tidak punah,” ucap Shabela, dalam sabutanya tersebut.

Event yang diikuti tujuh Kabupaten/ Kota se-Aceh ini, menurunkan atlet yang akan bertanding pada 16 kelas, yang terdiri dadi 10 kelas tanding putra dan 6 kelas tanding putri, dalam tiga kategori tanding seni, yaitu Seni Tunggal, Seni Ganda, dan Seni Beregu.

 

Untuk diketahui sebut Shabela, pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 yang baru saja diselenggarakan di Papua, pesilat dari Provinsi Aceh telah menyumbangkan medali perak. Hal tersebut ungkap Shabela, harusnya menjadi suntikan penyemangat bagi para atlet muda agar dapat melampaui raihan seniornya dalam berbagai kejuaraan mendatang

Diakhir sambutannya, Shabela menitipkan pesan agar para atlet dan dewan juri tetap menjunjung tinggi sportivitas selama event berlangsung.

Selanjutnya, kepada panitia, Shabela juga menekankan, event ini harus berjalan dengan lancar karena kejuaraan tersebut merupakan cerminan kondisi di dalam olahraga itu sendiri.

“Selamat kepada seluruh atlet, dewan juri, serta Panitia penyelenggara. Tetaplah menjunjung tinggi kejujuran dan sportivitas dalam menyelenggarakan event ini demi berkembangnya serta populernya Olahraga Pencak Silat,” pungkas Bupati.

Pada pembukaan itu, turut hadir Sekretaris Umum IPSI Provinsi Aceh, Kepala Bank Aceh Cabang Takengon, Perwakilan Kapolres Aceh Tengah, Serta sejumlah Kepala SKPK, juga insan olah raga dibawah naungan IPSI dan KONI Kabupaten Aceh Tengah.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Suaragayo.com, pelaksanaan Multi Event dan Single Even Piala Bupati Aceh Tengah serta Tuan Rumah Pra PORA Cabang Olahraga Pencak Silat yang berlangsung Di GOR Gentala Takengon mempertandingkan Piala Bupati Aceh Tengah untuk Kategori Tunggal Usia Dini dan Remaja putra dan putri antar perguruan silat se-Kabupaten Aceh Tengah.

Sedangkan untuk Pra PORA diikuti oleh tujuh Kabupaten/ Kota yang ada di Aceh, yaitu Kota Sabang, Kota Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie Jaya, Bireun, Bener Meriah serta tuan rumah, Aceh Tengah, yang mempertandingkan Kategori Putra Kelas A hingga Kelas I. Sementara kategori Putri diperlombakan Kelas A sampai dengan Kelas F, demikian kategori Tunggal, Ganda, Regu Putra dan Purti, untuk memperebutkan tiket menuju Pekan Olahraga Aceh (PORA) 2022 di Kabupaten Pidie.

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button