GAYOOlahragaTakengon

Piala ESI Aceh Tengah 2021 Resmi Ditutup

Penulis: Iwan Bahagia

TAKENGON, SUARAGAYO.Com – Cabang Olahraga Esports mendapat pro kontra di masyarakat Aceh Tengah, karena beberapa jenis games tidak mendapat restu Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh.

Tanggapan masyarakat muncul saat rencana pelaksanaan Esports Piala Bupati Aceh Tengah pada 2 November lalu, yang kemudian berakhir pada 7 November 2021.

Salah satu yang mempersoalkan pelaksanaan Esports adalah Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Takengon, yang menganggap PUBG dan Mobile Legends Bang Bang (MLBB) sebagai bagian yang sudah difatwakan haram oleh MPU Aceh.

Rencana kegiatan Piala Bupati Aceh Tengah itu kemudian dibatalkan, kemudian diganti dengan Piala Esports Aceh Tengah 2021 sesuai jadwal yang ditentukan semula.

“Kami mengganti event Piala Bupati Aceh Tengah dengan Piala Esports Aceh Tengah, sebagai salah satu upaya untuk melakukan sosialisasi keberadaan Cabor esports di daerah ini,” ujar Ketua Pengurus Daerah (Pengda) Esports Aceh Tengah, Win Y Rahman, pada acara penutupan Piala Esports Aceh Tengah 2021, Minggu (7/11/2021).

Win mengaku, keberadaan Cabor Esports di Aceh Tengah belum tersosialisasi dengan baik, sehingga membutuhkan waktu untuk diterima oleh masyarakat.

Pengurus ESI Aceh Tengah jelas Win Rahman, menghargai fatwa yang dikeluarkan MPU Aceh terkait PUBG, yang memang tidak digelar dalam perebutan Piala ESI Aceh Tengah.

“Kami menghargai fatwa MPU, tetapi Mobile Legend Bang Bang (MLBB) maupun efootball PS4 belum dijelaskan secara rinci,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu ia juga mengharapkan agar para peserta yang mengikuti lomba Piala Esports Aceh Tengah untuk menjadi duta dalam melakukan sosialisasi esports di Aceh Tengah.

“Kami dari ESI Aceh Tengah berharap, agar para atlet yang sudah mengikuti kejuaraan ini, agar melakukan sosialisasi. Dan kami tegaskan, sampaikan dengan santun apabila menjawab berbagai isu negatif tentang esport,” tegas Win Y Rahman.

Penutupan Piala ESI Aceh Tengah resmi dilakukan oleh Ketua KONI Aceh Tengah, dilanjutkan dengan pembagian hadiah kepada juara I dan II serta juara III bersama serta MVP untuk games Mobile Legends Bang Bang (LMBB) dan juara Efootbal 2021

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button