BudayaGAYOTakengon

“Pileg” RGM yang Bikin Dagdigdug di Kampung Merah Mersa, Dua Kandidat akan Bertarung Ulang Karena Seri

Penulis: Raja Said M

TAKENGON, SUARAGAYO.Com – Ada yang berbeda dalam proses pemilihan anggota Rayat Genap Mupakat (RGM) di Kampung Merah Mersah, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh, yang berlangsung Minggu 11 April 2021.

 

Selain membuat penasaran para pemilih dan masing-masing kandidat, terdapat perolehan suara yang sama antara dua kandidat, sehingga harus mengikuti proses pemilihan ulang.

 

Sebab, sejak dimulainya penghitungan suara sekitar Pukul 14.00 WIB, suasana mulai menampakkan ketegangan yang dilunakkan dengan senda gurau oleh para kandidat dan para pemilih serta panitia.

 

Panitia pemilihan sudah mengeluarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang mencapai 186 pemilih di Dusun Ruhama, Kampung Merah Mersa. Dari jumlah itu, sekitar 124 warga yang menggunakan hak pilih.

 

Hasil penghitungan surat suara yang dilakukan oleh panitia dan disaksikan langsung oleh masing-masing calon RGM dan sebagian masyarakat Kampung Merah Mersah dari dua dusun, yaitu Dusun Ruhama dan Dusun Gerah Giri.

 

Rincian perolehan suara calon RGM di Dusun Ruhama yaitu: Imannulah memperoleh suara terbanyak dengan 42 suara, Zuhrupan Daman 31 suara, T said lidansyah 24 suara,  M taib wajedi 12 suara,  Adhar sabrani 9 suara dan M saleh 6 suara. Hasil itu menempatkan Imannullah, Zuhrupan Daman dan T Said Lidansyah mendapatkan kursi di lembaga legislatif tingkat kampung itu.

 

Sedangkan pemilihan anggota RGM di Dusun Gerah Giri belum sepenuhnya selesai, sebab ada dua kandidat yang mendapatkan perolehan suara yang sama. Di dusun itu, dari 114 DPT Hanya 73 orang yang ikut mencoblos.

 

Hasil perolehan suara untuk calon anggota RGM Dusun Gerah Giri pada akhirnya: Nomor Urut 1 Asriandi Wijaya memperoleh 17 suara, Nomor Urut 2 Icwanda Putra dengan perolehan 19 suara, Nomor Urut 3 Mahmani dengan Raihan 18 suara dan pesaingnya di Nomor urut 4, Kasmadi yang merupakan anggota RGM patahana juga sama-sama memperoleh 18 suara, sementara itu 1 surat suara dinyatakan rusak. Dengan demikian, Ichwanda Purtra sudah otomatis lolos menjadi RGM Kampung Merah Mersah, sementara sesuai hasil musyawarah panitia pemilihan dengan para kandidat, Mahmani dan Kasmadi yang memperoleh suara yang sama, akan mengikuti proses pemilihan ulang. Sebab hanya 2 calon terpilih saja yang akan menjabat sebagai anggota RGM di dusun itu.

 

Secara terpisah, Ketua Panitia Pemilihan Calon Anggota RGM Merah Mersah, Chairul Ichsan Maulana yang ditemui Suaragayo.com usai penghitungan suara mengatakan, pihaknya akan membahas lebih lanjut mengenai jadwal pemilihan ulang terhadap dua calon tersebut, namun harus terlebih dahulu dibahas dalam musyarah panitia.

 

“Untuk jadwal pemilihan dua calon ini, panitia akan menyelenggarakannya dalam minggu ini setelah rapat panitia pada hari Selasa nanti, karena tidak mungkin lagi kita lakukan sekarang atau hari Senin besok, kita juga mempertimbangkan mepetnya waktu warga yang mau menyambut meugang ramadhan dan tentunya kita juga perlu mempersiapkan surat suaranya lagi,” ucapnya.

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button