Bener MeriahGAYO

Plt Bupati Bener Meriah Hadiri Diksar Himatera Maba IAIN Takengon

Penulis: Iwan Bahagia

TAKENGON, SUARAGAYO.Com – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bener Meriah, Dailami menghadiri dan memberikan bimbingan kepada Himpunan Mahasiswa Hukum Tata Negara (HIMATERA) Mahasiswa Baru (MABA) Institut Agama Islam Negeri Takengon, Jumat (10/9/2021) di Aula Himatera.

Dalam kesempatan tersebut, Dailami menyampaikan mahasiswa adalah kalangan muda intelektual yang memiliki peran bukan hanya untuk dirinya sendiri tetapi juga bagi masyarakat, bangsa dan negara.

“Status mahasiswa merupakan status pada level intelektual yang tinggi, usia muda dengan idealisme yang masih kuat. Peran dan fungsi mahasiswa dalam hal ini sangat dibutuhkan untuk kemajuan suatu bangsa dan negara,” ucap Dailami.

Lebih jauh disampaikan Dailami, mengapa mahasiswa selalu melakukan upaya kontrol terhadap kondisi pemerintah yang dianggap tidak pro rakyat. Sebab ini adalah bagian dari peran mahasiswa untuk melakukan kontrol kepada hal-hal yang bertentangan dengan nilai keadilan di masyarakat.

“Upaya kontrol yang dilakukan mahasiswa tetap harus didasarkan pada nilai-nilai idealisme yang ada. Tidak tergadai dengan iming-iming atau kepentingan yang mempengaruhinya. Mengkritik pemerintah itu hal yang lumrah, namun, mahasiswa juga harus juga memberikan kritikan yang sifatnya membangun dan memberikan solusi terbaik untuk sebuah perubahan,” pintanya.

Dailami juga menginginkan para mahasiswa tidak hanya fokus mencari lapangan kerja, akan tetapi akan hebatnya lagi mahasiswa yang telah lulus nantinya dapat membantu pemerintah dengan membuka lapangan kerja.

Disisi lain Dailami mengatakan, masyarakat masih banyak yang tidak mengerti hukum, malah mereka takut berurusan dengan hukum, inilah tugas HIMATERA selaku mahasiswa yang mengerti hukum memberikan pemahaman kepada masyarakat, mensosialisasikan terkait hukum kepada masyarakat.

Diakhir sambutannya, Dailami mengingatkan agar para mahasiswa dapat menghormati dan menghargai orang tua yang selama ini bersusah payang untuk membiayai perkuliah para mahasiswa.

“Untuk itu saya harap anak-anakku dapat kuliah dengan baik, sehingga jerih payah orang tuamu dapat terobati. Saya doakan Himatera ini bisa menjadi calon-calon pemimpin terbaik dimasa yang akan datang. Dalam proses memutus matarantai covid-19 para mahasiswa saya harapkan agar tetap mematuhi prokes,” tutupnya.

Tampak hadir dalam kegiatan Diksar Himatera Maba IAIN Takengon, Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, Plt Dispora Aceh Tengah, Rektor IAIN yang diwakili oleh Warektor 1, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Bener Meriah, Ruslan Ramadhan.

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button