GAYOOlahragaTakengon

Plt Kadispora: Arung Jeram di Sungai Pesangan Potensi Sebagai Sport Tourism

TAKENGON, SUARAGAYO.Com – Event Pra Pekan Olahraga Aceh (PORA) Cabang olahraga Arung Jeram yang digelar di Kabupaten Aceh Tengah, ternyata berhasil mengundang perhatian masyarakat di daerah itu.

Hal itu mendapat apresiasi dari Plt Kepala Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Aceh Tengah, yang juga Ketua Panitia penyelengara kegiatan multi event Piala Bupati, Zulfan Diara Gayo, saat hadir menyaksikan para peserta rafting dari 13 Kabupaten/ kota di Aceh berjibaku mengarungi Sungai Pesangan, Rabu (6/10/2021).

Zulfan mengatakan, pihaknya berupata agar Cabang Olahraga Arung Jeram ini bisa menjadi sport tourism di Kabupaten Aceh Tengah.

“Sport Tourism merupakan program yang akan terus kembangkan, Sehingga nanti efek dominonya berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat,” kata Zulfan.
Ia berharap penyelemggaraan event olahraga ini juga bisa memberi multi efek bagi masyarakat yang berada di dataran tinggi Gayo.

“Melalui berbagai event yang kita gelar, kita bisa menggerakkan pertumbuhan masyarakat Gayo, dan dapat membuka lapangan pekerjaan bagi para pegiat wisata dan warga sekitar serta memacu semangat para atlit untuk berlatih dan berkompetisi,” jelasnya.

Zulfan bahkan memberikan ucapan khusus untuk Sungai Pesangan yang bersumber dari Danau Lut Tawar itu.

“Ini adalah gelombang lidah sungai Pesangan. Artinya sungai ini memiliki kontribusi yang sangat kuat, selain memiliki jeram yang bisa mempertandingkan rafting pada kompetisi Nasional dan internasional, sungai ini juga memberikan energi bagi pembangunan PLTA Peusangan,” sebut Zulfan.

Sebab menurutnya, sungai ini juga telah memberikan energi bagi pembangunan PLTA Peusangan dengan nilai investasi lebih dari 6 triliun.
Ia juga menanggapi antusiasme para penonton yang ramai menyaksikan event Pra PORA Cabor Arung Jeram. Zulfan menyambut gembira, karena warga menunjukkan minat olahraga yang mengarungi sungai tersebut.

“Ini luar biasa, dan ini adalah salah satu Cabang Olahraga yang diminati dari masyarakat, terbukti dari ramainya pengunjung yang datang,” lanjut Zulfan, yang ditemui di kawasan Lukup Badak, Pegasing.

Cerminan hadirnya masyarakat itu lanjut dia, bukti bahwa masyarakat membutuhkan hiburan yang berasal dari masyarakat itu sendiri.

“Dengan rasa gembiranya masyarakat, tentunya dapat meningkatkan imun tubuh,” pungkas Zulfan.

Ia mengajak masyarakat untuk menyaksikan event ini, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Editor: Iwan Bahagia

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button