GAYOSosialTakengon

Puskesmas di Pelosok Aceh Tengah Borong Penghargaan Inovasi Daerah

Penulis: Iwan Bahagia

TAKENGON, SUARAGAYO.Com – Puskesmas Rusip Antara dan Puskesmas Pamar menerima penghargaan inovasi daerah, Kamis (25/2/2021).

Dua puskesmas di Pedalaman Aceh itu menerima pennghargaan langsung dari Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, disela acara peluncuran Inovasi Daerah Kabupaten Aceh Tengah di Op Room Setdakab setempat, yang difasilitasi oleh Bappeda Aceh Tengah.

Meskipun Puskesmas Bies yang terdekat jarak dengan ibu kota kabupaten mendapat Juara I, namun Puskesmas Pamar yang ditempuh lebih dari dua jam dari Takengon, justru memperoleh Juara II untuk kategori inovasi Puskesmas.

Selain itu, predikat Juara III, Harapan I dan III diperoleh Puskesmas Rusip Antara. Sedangkan Juara Harapan II diperoleh Puskesmas Pegasing. Penghargaan itu diserahkan setelah melalui evaluasi dan penilaian oleh Puslatbang KHAN LAN RI.

“Ini ada Puskesmas yang memperoleh penghargaan, hebatnya lagi di pedalaman Aceh Tengah, ini luar biasa,” kata Bupati Aceh Tengah, Shabela, saat memberi sambutan usai memberi penghargaan kepada para Puskesmas yang telah berinovasi tersebut.

Ia mengaku tahu betul, bagaimana keadaan warga di Kecamatan Rusip Antara saat ia menjadi camat beberapa puluh tahun silam.

“Saya ingat, bagaimana kondisi kawasan ini. Bahkan kalau hujan, jalanan becek, bahkan maaf, ada warga yang harus mengenakan celana sekedarnya saja,” jelas Shabela.

Demikian Kecamatan Pamar lanjutnya. Kawasan ini justru masih disebut berada di pelosok Aceh Tengah.

Sejak Shabela menjadi camat hingga menjadi bupati, jalan yang dilalui belum terbangun bagaimana mestinya, karena jalan kawasan Pamar yang berbatasan dengan Geumpang, Kabupaten Pidie itu, berstatus jalan provinsi.

Ia mengharapkan, agar semua dinas maupun badan serta lembaga terkait di daerah itu, dapat melakukan inovasi untuk melayani masyarakat. Sehingga bukan hanya Puskesmas yang berada di pedalaman Aceh Tengah yang mendapatkan penghargaan, melainkan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di berbagai lokasi menjadi juara dalam memberikan pelayanan.

Terkait inovasi daerah, Shabela turut memberi apresiasi kepada segenap OPD, para pihak terkait dan segenap masyarakat atas terpilihnya Aceh Tengah sebagai Kabupaten Paling Inovatif dalam ajang Innovative Government Award (IGA) tahun 2020.

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button