Bener MeriahGAYOKopi

Kokowa Gayo, Koperasi Kopi Wanita Terbesar di Asia Tenggara Kini Miliki 402 Anggota

Penulis: Raja Said M

BENER MERIAH, SUARAGAYO.Com – Koperasi Kopi Wanita Gayo (Kokowa Gayo) menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) di Gudang Kopi Ujung Gele Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah, Aceh, Selasa (6/3/2021).

Rapat itu bertujuan untuk mempertanggungjawabkan semua kegiatan yang sudah terlaksana dan yang tertunda, serta kendala yg dihadapi selama 2020, serta realisasi rencana penggunaan anggaran tahun 2020 di depan perwakilan delegasi dan kolektor.

“RATmerupakan suatu agenda wajib dalam kepengurusan koperasi, karena di dalam rapat tersebut kita membahas laporan pertanggung jawaban serta merencanakan program-program yang bersifat meningkatkan kesejahteraan petani dan keberlangsungan pertanian kopi milik petani tersebut, seperti peningkatan mutu, pendidikan untuk petani dan keberlanjutan lingkungan,” kata Rizkani Ahmd, usai kegiatan RAT, Selasa (16/3/2021).

Ia menjelaskan, anggota Kokowa Gayo berjumlah 402 orang, termasuk 11 delegasi, 7 kolektor dari 8 desa dan 4 kecamatan yang berada di Kabupaten Bener Meriah.

Koperasi wanita yang pernah menjadi satu-satunya koperasi kopi wanita se-Asia tenggara di tahun 2019 itu, kini mengadakan rapat anggota tahunan ke-VII yang berbeda dari tahun sebelumnya.

“Tahun lalu Yang kita undang delegasi saja karna yang punya hak berbicara delegasi. Tetapi tahun ini kita undang juga kolektor, karna disini membahas tentang pemasaran kopi tujuannya agar mereka juga paham tentang perdagangan kopi sekarang ini,” jelas Rizkani.

Ia juga menyampaikan tentang kendala Yang di hadapi di tahun 2020. Selain pandemi Covid-19 Yang mengakibatkan pendapatan petani hilang sekitar 75 persen, isu glifosat juga mempengaruhi dinamika ekspor kopi ke sejumlah negara, khususnya Eropa yang sempat tertutup untuk kopi organik.

Selain pembahasan rencana bisnis di tahun 2021 dengan prioritas peningkatan mutu dan program living income, Rizkani juga menyampaikan harapan agar kondisi pasar luar negeri segera membaik, supaya petani bisa terselamatkan dari pendapatan yang kini hanya 25 persen saja.

Acara tersebut turut dihadiri Kadis Koperasi dan UKM Bener Meriah, Ir Abadi, dan keterwakilan delegasi dari desa binaan serta kolektor dan juga staf pengurus Kokowa Gayo.

 

 

Editor: Iwan Bahagia

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button