Bener MeriahGAYO

Seekor Gajah Liar di Bener Meriah Berhasil Digiring dan Dibius, Lalu Akan Dikembalikan ke Habitat

Penulis: Iwan Bahagia

BENER MERIAH, SUARAGAYO.Com – Tim gabungan bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh berhasil menggiring seekor gajah liar dari Kampung Negeri Antara Kecamatan Pintu Rime Gayo, Bener Meriah, Aceh.

Gajah liar yang kerap melintas di pemukiman dan perkebunan warga itu tersebut berhasil digiring pada Rabu (10/3/2021) sekitar pukul 16.00 WIB.

Kapolsek Pintu Rime Gayo Ipda Dasril mengatakan, berdasarkan laporan Bhabinkamtibmas, Bripka Arahmat yang ikut serta bergabung dalam tim, gajah liar tersebut berhasil digiring setelah dilakukan pembiusan oleh PKSL Fakultas Unsyiah Banda Aceh.

Setelah dibius, gajah liar itu kemudian digiring menggunakan tiga ekor gajah jinak yakni dua ekor gajah jinak dari PGK Saree dan seekor gajah lagi dari Conservation Response Unit (CRU) Peusangan.

Gajah liar itu kemudian dibawa ke kawasan jalan KM 40, untuk diangkut ke dalam truk dan di bawa ke CTRU Peusangan di Sayeung Peusangan, untuk dilepaskan kembali.

Selanjutnya, tim delapan penanganan gajah liar telah berhasil membius dua ekor gajah di KM 40, Kampung Negeri Antara. Namun baru seekor gajah yang berhasil digiring.

“Sedangkan seekor gajah liar yang sudah di bius, belum digiring. Besok pagi akan dilakukan penggiringan kembali oleh tim gabungan,” tutur Ipda Dasril, dalam siaran tertulis dari Humas Mapolres Bener Meriah, Kamis dini hari.

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button