3Bener MeriahGAYO

Sekda Bener Meriah Buka Rapat Banggar DPRK Terkait KUA-PPAS APBK TA 2022

Penulis: Iwan Bahagia

 

BENER MERIAH, SUARAGAYO.Com – Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Bener Meriah mulai menggelar Rapat Badan Anggaran (Banggar) yang membahas tentang Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBK Bener Meriah Tahun Anggaran 2022.

Pembukaan rapat tersebut dihadiri langsung oleh Sekda Bener Meriah, Haili Yoga, sementRa sidang dipimpin langsung oleh Ketua DPRK Bener Meriah, Muhammad Saleh, yang didampingi Wakil Ketua II, Anwar. Kegiatan itu tersebut juga turut dihadiri oleh anggota Banggar dewan, dan dilaksanakan di ruang sidang DPRK setempat, Rabu, (4/8/2021).

Haili Yoga selaku Panitia Anggaran Eksekutif dalam pidato pengantarnya menyampaikan, sidang pembahasan Rancangan KUA-PPAS APBK T.A 2022 yang dilaksanakan itu diharapkan dapat menghasilkan APBK Tahun Anggaran 2022 lebih efektif, efisien dan bertanggungjawab.

Rancangan KUA-PPAS tersebut ucap Haili Yoga, nantinya menjadi acuan dalam menyusun Rancangan Peraturan Daerah (Qanun) tentang APBK T.A 2022, sehingga program pembangunan dapat berdaya guna dan berhasil guna serta tepat sasaran sehingga dapat bermanfaat bagi kepentingan masyarakat Kabupaten Bener Meriah.

Lebih lanjut Haili Yoga menjelaskan, penyusunan Rancangan APBK merupakan proses pengganggaran daerah, sebab secara konseptual terdiri atas formulasi kebijakan anggaran dan perencanaan operasional anggaran.

 

“Pemerintah Daerah melakukan singkronisasi kebijakan pembangunan yang dapat diwujudkan dalaam bentuk program dan kegiatan sesuai dengan kewenangan masing-masing yang beroreantasikan untuk pencapaian strategi pembangunan serta pengembangan program-program percepatan, peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Haili Yoga.

“Sebagai wujud kebijakan anggaran, Pemerintah daerah Kabupaten Bener Meriah menyampaikan Rancangan KUA-PPAS ABPK T.A 2022 yang sejalan dengan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) TA 2022 yang selanjutnya akan dibahas dan disepakati oleh Pemerintah Daerah dan DPRK Bener Meriah,” tambah Haili Yoga.

Sebelumnya, Ketua DPRK Bener Meriah, Muhammad Saleh dalam pidato pembukanya menyampaikan, penyusunan KUA-PPAS TA 2022 dilaksanakan berdasarkan PP Nomor 12/2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, yang mencakup pengaturan mengenai perencanaan penggaran, pelaksanaan dan penatausahaan, dan pertanggungjawaban keuangan daerah.

Sambung M Saleh, di dalam dasar pembuatan KUA-PPAS Tahun 2022 adalah RPJM Kabupaten Bener Meriah 2017-2022, yang implementasinya dari Permendagri No.17/2021 tentang pedoman penyusunan RKPD tahun 2022, Pemerintah Daerah Kabupaten Bener Meriah merencanakan empat prioritas pembangunan, yaitu, Optimalisasi penerpan Dinul Islam yang dijabarkan kedalam empat program prioritas, kedua peningkatan kualitas SDM dan optimalisasi pelayanan pendidikan dan kesehatan dijabarkan dalam 10 program prioritas, ketiga pemerataan pembangunan infrastruktur publik yang dijabarkan kedalam 6 program prioritas, serta yang keempat, percepatan pembangunan ekonomi yang berkeadilan yang dijabarkan kedalam 6 program prioritas.

Diakhir pidatonya, Muhammad Saleh mengharapkan, pada tahun 2022 pandemi Covid-19 berakhir, serta ekonomi Indonesia pulih, sehingga roda pemerintahan dan pembangunan akan berjalan lancar dan normal sebagaimana mestinya.

M Saleh juga mengingatkan kepada Tim Anggaran Aksekutif dan Banggar Legislatif, agar semua yang direncanakan dapat dikerjakan dengan baik, demi kemajuan Kabupaten Bener Meriah.

Tampak Hadir dalam pembukaan rapat tersebut para Staf Ahli Bupati, Asisten I Drs. Mukhlis, Asisten II drh. Sofyan, Asisten III Armansyah, Se, M.Si, Sekwan Riswandika Putra, S.STP. M.AP, para kepada SKPK dan undangan lainnya. (prokopim/kominfo-bm).

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button