AcehGAYOOlahraga

Seluruh Atlet Dayung Aceh Tengah Lolos Menuju PORA Pidie 2022

Penulis: Nihayatul Afifah Husna

BANDA ACEH,SUARAGAYO.Com – Sebanyak 28 atlet Aceh Tengah berpartisipasi dalam perlombaan Pra Pekan Olahraga Aceh (PORA) Cabor Dayung di Banda Aceh sejak 4-11 Desember 2021.

Pada kesempatan itu, Aceh Tengah bersama 13 Kabupaten/Kota se-Aceh menjadi peserta untuk merebut tiket menuju PORA 2022.

Panitia dalam kejuaraan ini menyediakan 35 kategori yang diperlombakan, Aceh Tengah sendiri hanya mengikuti 16 kategori karena keterbatasan alat.

“Ada 35 kategori yang diperlombakan, kami hanya mengikuti 16 kategori saja karena keterbatasan alat yang kami miliki,” ujar Iwan Ultari, selaku Sekretaris Persatuan Olahtaga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Aceh Tengah, ditemui Suaragayo.com, Sabtu (11/12/2021).

Para Kontingen Pra PORA Cabang Olahraga Dayung yang digawangi PODSI Aceh Tengah saat berpose sebelum berangkat menuju Banda Aceh. (Foto: Ist)

Menurut Iwan, pihaknya sudah melakukan persiapan selama 6 bulan, dimulai dengan seleksi, tahap latihan mandiri dan kemudian latihan bersama.

“Para atlet ini berasal dari Kecamatan Lut Tawar, Kecamatan Kebayakan, dan Kecamatan Jagung Jeget,” pungkas Iwan.

Kekurangan alat lanjut dia, menjadi salah satu kendala yang dihadapi oleh para pelatih dan atlet asal Aceh Tengah.

Atlet Putra yang dikirim PODSi Aceh Tengah pada Pra PORA 2021.

“Kami kekurangan alat, namun Aceh Tengah meskipun dengan keterbatasan Alat tetap bisa mengirimkan para Atlet untuk Pra Pora ini. Alhamdulillah sejauh ini Aceh Tengah selalu memimpin dalam kategori yang kami ikuti dan kami berusaha untuk lolos ke Pora dalam kategori Kayak,” kata Iwan.

Iwan pun berharap agar pemerintah Kabupaten maupun Pemerintah Aceh dapat membantu menyediakan alat untuk PODSI Aceh Tengah, agar memudahkan proses latihan para atlet.

Iwan mengungkapkan, dari 35 kategori lomba, Aceh Tengah berhasil membawa atletnya  ke PORA 2021 pada saat pengumuman yang berlangsung pada 11 Desember 2021.

Atlet putri PODSI Aceh Tengah

“Alhamdulillah atlet dayung Aceh Tengah lolos semua, untuk Kelas Dragon Boat ada sembilan medali diperebutkan, kita memperoleh hasil yaitu 6 emas, 1 perak, 2 perunggu.  Untuk kelas Kayak, 2 atlet putri masuk ke PORA Pidie 2022. Jadi total 5 emas, 1 perak dan 3 perunggu, untuk kayak lolos 2 pedayung putri,” lanjut Iwan.

“Jadi ada 10 kelas, kayak kano lolos ke PORA Pidie baik putra dan putri. Kelas Kayak Kano memperebutkan 6 medali  Jadi total yang lolos 16 mendali dayung untuk Aceh Tengah,” pungkasnya.

Editor: Iwan Bahagia

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button