AcehBener MeriahGAYO

Seorang Perempuan di Pedalaman Bener Meriah Melahirkan Ditengah Jalan, Begini Ceritanya

Penulis: Iwan Bahagia

BENER MERIAH, SUARAGAYO.Com – Pagi itu, Kamis (29/10/2020) sebelum Pukul 09.00 WIB, Sumarni (33) dan ibunya Siti Maneh (56) sedang berjalan menuju kebun kopi miliknya di kawasan Pucuk Nuning, Kecamatan Samar Kilang, Kabupaten Bener Meriah Aceh.

Tiba-tiba sebuah sepeda motor datang menghampiri, seorang pria yang mengendarainya memberi tahu, bahwa seorang pasien sedang merintih kesakitan di dalam sebuah ambulance.

Pria yang memberi tahu ini adalah supir ambulance Puskesmas Samar Kilang yang sedang membawa pasien yang akan melahirkan ke RSU Muyang Kute Bener Meriah.

Mendengar kabar itu, Sumarni dan Siti Maneh langsung menuju mobil ambulance yang berjarak sekitar 500 meter dari tempat keduanya dijemput.

Siti Maneh memang diketahui warga adalah seorang yang bisa melakukan proses persalinan meski tidak mengikuti sekolah kebidanan. Masyarakat Gayo menyebut profesi dengan istilah “Bidan Kampung” atau lazim disebut dukun beranak.

Setelah tiba, Siti Maneh langsung melakukan proses persalinan terhadap Nurjanah Inen Sanjung, pasien yang akan melahirkan tersebut.

Namun sebelumnya tubuh perempuan yang sudah mengalami pecah ketuban Pukul 02.00 dini hari itu dipindahkan dari dalam ambulance ke jalan yang belum beraspal, Inen Sanjung dibelakang mobil ambulance tersebut.

Dengan alas seadanya, proses persalinan akhirnya dilakukan. Sementara itu seorang bidan desa dari Kampung Rusip, juga hadir membantu proses persalinan.

“Ibu saya dan bidan ini bekerjasama membantu proses persalinan, alhamdulillah ibu dan bayi itu akhirnya selamat,” kata Sumarni, saat dihubungi Suaragayo.com, Kamis (29/10/2020).

Menurut Sumarni, kondisi bayi itu saat dilahirkan sempat terlilit tali pusar, dan beruntung proses persalinan bisa segera dilakukan.

BACA SELANJUTNYA…

Facebook Comments Box
1 2Next page

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button