GAYOSosialTakengon

Seorang Warga Aceh Tengah Kritik Informasi Layanan yang Tak Pasti dari Disdukcapil

Penulis: Iwan Bahagia

TAKENGON, SUARAGAYO.Com – Seorang warga Kebet, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah, Ana, mengeluhkan pelayanan di Disdukcapil Aceh Tengah, karena dianggap tidak mendapatkan kepastian informasi layanan foto KTP ulang.

Hal itu dikatakan Ana, yang mengaku sudah berulang kali datang ke Kantor Disdukcapil, namun keinginannya untuk foto KTP urung dilakukan, tanpa alasan yang jelas.

“Mulanya sebelum ramadan, saya mendengar informasi dari pusat, tentang dibolehkannya foto KTP ulang. Kemudian saya datang ke sana, namun informasi yang saya dapat ada kendala peralatan, saya lupa namanya. Akhirnya saya tunda,” kata Ana, kepada Suaragayo.com, Sabtu (24/4/2021).

Ia menjelaskan, foto KTP miliknya semula tidak berjilbab, dengan demikian Ana ingin foto ulang dengan mengenakan jilbab.

Berikutnya Ana datang kembali ke kantor itu untuk menanyakan informasi pada hari Selasa sekitar bulan April. Namun salah seorang pegawai mengatakan bahwa KTP layanan foto KTP akan dibuka setiap hari Sabtu.

“Tetapi dikatakan kepada saya, kalau nanti sebelum Sabtu datang yang memegang kamera, maka akan diinformasikan kepada saya,” ucap Ana.

Ia mengaku tidak mendapat kabar hingga hari Jumat. Akhirnya Ana kembali datang ke Kantor Disdukcapil untuk meminta foto ulang. Sayang, ia mendapat informasi bahwa jaringan mengalami masalah.

“Sebenarnya layanan Disdukcapil sudah bagus selama ini, jika dibandingkan periode sebelumnya yang harus antre dan ‘saling senggol’ jika melakukan pengurusan administrasi kependudukan. Namun ternyata masih ada masalah seperti ini yang harus dibenahi,” terang Ana.

Harusnya lanjut Ana, ada pemberitahuan tertulis di pintu masuk atau di depan meja pelayanan apabila ada kendala teknis atau non-teknis yang dihadapi, sehingga warga tidak bertanya dan mengetahui masalah yang dihadapi oleh kantor tersebut.

Perangkat Cetak KTP Bermasalah

Sementara itu Kepala Dinas Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal dihubungi Suaragayo.com mengakui ada gangguan perangkat cetak KTP elektronik, sehingga belum dapat melayani pengurusan KTP warga secara maksimal.

“Untuk pelayanan pergantian foto bisa dilakukan, namun kita menyarankan pada waktu sepi pelayanan, seperti hari sabtu,” jelas Mustafa Kamal, dihubungi Sabtu malam.

Mengenai petugas yang tidak berada ditempat lanjut dia, warga yang hadir ke kantor Disdukcapil perlu mengecek lagi jam berapa kondisi itu dikeluhkan, karena selama bulan ramadan pihaknya memberlaku jam kerja yang berbeda dari yang biasa.

“Dan kami akui kondisi perangkat cetak KTP elektronik saat ini ada trouble, dan sedang diperbaiki,” terangnya.

Ia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada setiap warga seperti Ana, yang memberikan masukan dan saran kepada Disdukcapil untuk meningkatkan layanan maksimal kepada masyarakat.

“Kami berterima kasih setiap kritik dan masukan untuk meningkatkan pelayanan, karena kami sadar pentingnya masukan agar kami terus dapat bekerja memberikan pelayanan terbaik. Sekali lagi terima kasih,” pungkas Mustafa.

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button