GAYOTakengon

Sepekan Positif Covid-19, Hasil Swab Ulang 2 Warga Korsel di Aceh Tengah Negatif

Jubir Satgas Covid-19 Aceh Tengah, dr Yunasri.

Penulis: Iwan Bahagia

TAKENGON, SUARAGAYO.com – Warga Negara Asing (WNA) berinisial KWK (62) DAN HL (32) Dinyatakan positif Covid-19, setelah hasil Swab dari laboratorium di Banda Aceh keluar pada 2 Oktober lalu.

Namun keduanya melakukan uji Swab ulang bersama 15 orang pada 6 Oktober di Sumatera Utara, hasilnya negatif Covid-19.

Kedua WNA tersebut berasal dari Korea Selatan, yang merupakan pegawai Hyundai yang bekerja untuk proyek fisik PLTA Peusangan 1 dan 2 di Kecamatan Silih Nara, Kabupaten Aceh Tengah.

“Tracing terhadap 17 orang yang terdiri dari 14 tenaga asing dan 3 WNI di perusahaan itu telah dilakukan, hasilnya laboratorium menyatakan negatif Covid-19,” kata Jubir Satgas Covid-19 Aceh Tengah, dr Yunasri, saat ditemui di Takengon, Jumat (9/10/2020).

Dijelaskan, sebelumnya salah seorang pegawai BUMN PP yang bekerja untuk PLTA Peusangan juga terpapar Covid-19.

Terkait itu, perusahaan tersebut telah melakukan tracing dengan melakukan uji Swab terhadap 102 orang, namun hasilnya hingga kini belum keluar.

Ia menjelaskan, perusahaan yang bekerja untuk proyek PLTA Peusangan 1 dan 2 di Aceh Tengah dapat melakukan sosialisasi terkait Covid-19 terhadap karyawannya, serta berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Aceh Tengah.

“Kami mohon kepada para pimpinan perusahaan yang bekerja untuk proyek PLTA Peusangan, agar melakukan edukasi kepada seluruh pegawai yang ada. Ini dilakukan agar pencegahan dapat dikerjakan dengan baik, dan dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di daerah ini,” sebut Yunasri.

Berikutnya, terkait dengan pelaksanaan program penanganan Covid-19, seperti pelaksanaan rapid test maupun Swab, pimpinan perusahaan yang bekerja untuk proyek PLTA Peusangan itu juga diminta untuk melakukan koordinasi dengan Satgas Covid-19 Aceh Tengah

Update data Covid-19 Aceh Tengah

Jubir Satgas Covid-19 Aceh Tengah juga mengungkapkan, per 9 Oktober 2020, warga Aceh Tengah yang positif Covid-19 mencapai 94 orang, dengan total sembuh 40 orang, yang sedang dirawat dan mengikuti isolasi mandiri 49 orang, sedangkan warga yang meninggal dunia sebanyak 5 orang.

“Kami menyampaikan kepada masyarakat, jangan lupa mematuhi protokol kesehatan, menjaga imunitas diri dengan makan makanan yang sehat dan bergizi,” ungkap Yunasri

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button