Bener MeriahGAYOKopiTakengon

The Coffee Cupping International Dukung Rencana Pembangunan Sekolah Kopi di Gayo

Penulis: Iwan Bahagia

TAKENGON, SUARAGAYO.Com – Executive Producer The Coffee Cupping International, Sharon Reyes, mengungkapkan rencana pembangunan sekolah kopi di Dataran Tinggi Gayo, Aceh, sebagai upaya peningkatan kualitas dan nilai jual Kopi Arabika Gayo.

Hal itu diungkapkan Sharon Reyes, saat melakukan Exploring Authentic Indonesia Coffee, ecotourism roadshow, documentary global promotion and capacity building development di Koperasi Usaha Tani Gayo, Kampung Bebesen, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh, Rabu (6/4/2022).

Sebelum mengungkapkan rencana pembentukan sekolah berbasis kopi, Sharon menjelaskan rencana ekspor kopi Arabika Gayo ke Eropa yang akan bekerjasama dengan Indonesian Exim Bank atau Lembaga Pembiayaan Eskpor Indonesia (LPEI), sebuah lembaga keuangan yang membantu percepatan ekspor di bawah Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang difasilitasi oleh PT Astra dalam program Desa Berseri Astra (DSA) Takengon.

Menurut Sharon, CCI yang bermarkas di Belanda saat ini melakukan upaya pengembangan kapasitas pasar dan membantu teknis produksi kopi di Dataran Tinggi Gayo, Aceh.“Minggu depan akan menandatangani MoU dengan Gubernur Aceh, Aceh Tengah diharapkan dapat meningkatkan eksportir untuk kopi,” kata Sharon, Rabu (6/4/2022).

Sharon mengaku sudah mengunjungi 11 daerah di Indonesia, yakni Bali, Garut, Subang, Temanggung, Kelir, Bondowoso, Banyuwangi, Dampit, Flores dan Manggarai dan terakhir Gayo di Aceh.

“Kami sudah berkunjung ke 11 daerah di Indonesia, yang terakhir di Gayo. Karena Gayo merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia. Petani di Gayo sangat spesial, kami merupakan pembeli langsung, bukan trader. Kami melihat langsung produk kopi milik petani di Gayo. Kami melihat petani di sini menyediakan produk yang kami beli,” sebut Sharon.

Sharon juga berkomitmen untuk menyambung komitmen agar dunia bisa melihat bagaimana produksi kopi di tanah Gayo.

“Tetapi kami di sini bersama tim dokumentasi melihat program yang ada, kami sangat tertarik untuk bekerjasama. Kami ada keterhubungan dengan kalian, bukan hanya untuk koperasi tetapi untuk petaninya lanngsung,” ucap Sharon, dalam pertemuan yang dihadiri oleh Wakil Bupati Aceh Tengah, Firdaus, Takayosi Jose Yamagiwa dari Jepang, Tim Percepatan Ekspor Desa Sejahtera Astra, Indra Dwi Hartanto, Ketua DSA Takengon, Mukhlis “Merador” dan Farhan dari LPEI serta Ketua Koperasi Usaha Tani Gayo, Rafiyandi.

CCI berharap, setelah kunjungan kali ini bisa mendapatkan 15 kontainer Kopi Arabika Gayo dari DSA Takengon. Sebab pihaknya ingin bekerjasama bukan hanya untuk membeli kopi, tetapi ikut terlibat dalam program yang bersentuhan dengan petaninya.

“Kami membuat kegiatan ini untuk bekerjasama dengan petani dari berbagai daerah. Untuk menambah pengetahuan tentang produk di sini. Kami menjual cerita kopi di sini. Kami memastikan standar pengolahan green bean di sini sampai ke kontainer dengan pengolahan yang berstandar global,” jelas Sharon.

Selain itu, CCI ikut terlibat dalam program peningkatan kapasitas petani, supaya petani tahu berbagai permasalahan yang ada di tempat pengolahan, seperti gudang kopi atau keberadaan koperasi.

“Tidak ada trader, tidak ada buyer, kami langsung kontrak di sini. Tidak ada batasan. Produk kalian oke, kami oke. Kami langsung beli. Tanpa trader atau broker,” papar Sharon.

Pihaknya juga berharap program dimaksud mendapat dukungan dari Pemkab Aceh Tengah, agar solusi dari persoalan petani hingga ekspor kopi dapat diperbaiki.
“Kami membatu jalan untuk menjual dengan harga yang mahal, termasuk mempelancar penjualan. Tentu didukung pemda supaya bekerjasama agar mencari solusi dari berbagai masalah, serta melibatkan banyak pihak, sehingga terpenuhi 15 kontainer,” sebut Sharon.

Sharon juga menegaskan akan bekerjasama dengan DSA Takengon untuk membangun sekolah kopi di Dataran Tinggi Gayo agar membantu berbagai program yang sudah direncanakan oleh CCI, PT Astra. Salah satu kesiapan CCI adalah dengan mendukung rencana pembangunan sekolah kopi di Dataran Tinggi Gayo, Aceh.

“CCI didukung Astra melalui program DSA Takengon akan membangun sekolah kopi,” pungkasnya.

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button