GAYOSosialTakengon

Inilah Program TMMD ke-109 Kodim 0106/ Aceh Tengah di Kecamatan Pegasing

Penulis: Iwan Bahagia

TAKENGON, SUARAGAYO.com – Kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-109 di Kampung Wih Ilang dan Kampung Pantan Musara, Kecamatan Pegasing oleh Kodim 0106 Aceh Tengah telah resmi dimulai, Selasa (22/9/2020).

Namun berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peresmian dimulainya Kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) tidak dilakukan di lapangan, dan tanpa keramaian, karena berlangsung di Aula Setdakab Aceh Tengah.

Penandatanganan program TMMD oleh Dandim 0106/ Aceh Tengah dan Bupati Aceh Tengah.

Sesuai protokol kesehatan, acara pembukaan berlangsung sederhana, dengan jumlah peserta terbatas yang tetap menjaga jarak, memakai masker dengan mengikuti protokol kesehatan.

“Sasaran kegiatan dalam TMMD ke-109 ini, ada dua sasaran yaitu fisik dan non fisik,” kata Letkol Inf Teddy Sofyan saat memberikan sambutan dalam acara itu.

Menurut Teddy Sofyan, untuk kegiatan fisik berupa pelebaran jalan dengan panjang 6,5 x 4.200 meter. Selanjutnya pengerasan jalan sepanjang 4 x 4200 meter, pembuatan jembatan satu unit, dan pembuatan gorong-gorong sejumlah 4 unit.

Bupati Aceh Tengah dan Dandim 0106/ Aceh Tengah saat mengecek lokasi TMMD ke-109 di Kecamatan Pegasing.

“Untuk non fisik, ada sosialisasi wawasan kebangsaan, penyuluhan kesehatan, bahaya narkoba, pertanian, terorisme dan faham radikal, serta penyuluhan hukum,” jelas Teddy Sofyan.

Sementara itu, Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar yang hadir dalam kegiatan pembukaan TMMD ke-109 menuturkan, kegiatan TMMD telah dilaksanakan secara rutin sehingga manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat.

“Hal ini sejalan dengan upaya Pemkab Aceh Tengah, di dalam percepatan dan pemerataan pembangunan,” kata Shabela Abubakar.

Dilanjutkan Shabela, program TMMD merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat yang sinergis dengan program pemerintah, baik pusat maupun daerah terutama dalam penanganan dan pembangunan berbagai infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakat di wilayah pedesaan.

Pada seremoni pembukaan tersebut, turut hadir Kapolres AKBP Mahmun Hary Sandy, perwakilan Kejari serta Pengadilan Negeri Takengon, dan pejabat di lingkungan Pemkab Aceh Tengah dan unsur terkait lainnya.

Usai dilakukan upacara pembukaan TMMD ini, Dandim 0106 Aceh Tengah, Bupati, Kapolres dan segenap undangan lainya meninjau lokasi TMMD di Wih Ilang yang jaraknya sekitar 27 kilometer arah selatan kota Takengon.

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button