AcehBener MeriahGAYO

Tokoh Pemuda Aceh Paparkan Cara Identifikasi Hoaks di Hadapan Pengurus Parpol di Bener Meriah

Penulis: Hendry Sy Putra

BENER MERIAH, SUARAGAYO.Com – Tokoh pemuda Aceh, Dr Edward M Nur memaparkan cara mengidentifikasi berita hoaks dihadapan tokoh masyarakat dan unsur Partai Politik Bener Meriah, Kamis (16/9/2021).

Pada kesempatan itu, Edward M Nur menjadi salah seorang pemateri pada kegiatan Forum Dialog Pemerintah dengan Masyarakat dan Partai Politik di Aula Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU), kawasan Serule Kayu, Bukit, Bener Meriah, Aceh.

Ia menyampaikan materi terkait hoaks kepada 35 orang peserta yang hadir dalam kegiatan  yang bertajuk “Mengenal dan menangkal berita fake dan hoaks dalam mensukseskan vaksin COVID-19 menuju heard imuniti” tersebut.

“Langkah sederhana dalam mengidentifikasi kabar hoaks dengan kabar asli terdiri dari lima poin, yaitu mewaspadai judul berita yang provokatif, cermati alamat situs, periksa fakta dan mengecek keaslian foto, dan ikut serta diskusi dalam grup diskusi anti hoaks.

“Cermati informasi yang diperoleh dari website atau mencantumkan link hidup, cermatilah alamat URL situs yang dimaksud”, jelasnya.

Menurut catatan Dewan Pers kata Edward, di Indonesia terdapat sekitar 43.000 situs yang mengklaim menjadi portal berita.

Saat ini, selain konten berupa teks, beberapa photo dan video konten juga bisa dimanipulasi di era digital yang semakin canggih. Ada kalanya, pembuat kabar hoaks akan mengedit untuk memprovokasi pembaca.

“Upaya yang bisa dilakukan dalam menangkal hoaks adalah dengan tabayun sembari mengidentifikasi kelima point tadi,” ungkapnya.

Acara yang digelar oleh Bidang Poldagri Kesbangpol Provinsi Aceh tersebut digelar dengan mematuhi protokol kesehatan.

Amatan Suaragayo.com, kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kabid Poldagri Kesbangpol Aceh, Arsyi, Kaban Kesbangpol Bener Meriah  Muhammad jafar, Sekretaris Kesbangpol Bener Meriah, Muhammad, Anggota DPRK Bener Meriah Guntur Alamsyah,  KBO Satintelkam Polres Bener Meriah, Ipda Dede Moerdhany, Danramil Bukit Kapten, Trimo, Kabag Tapem Setdakab Bener Meriah Khairmansyah, Kabid Polmas Bener Meriah, Syafrianda.

 

Editor: Iwan Bahagia

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button