GAYONasionalOlahragaTakengon

Gayo Sports Tourisme “Tour de Lut Tawar” 2022 Seri 1 Resmi Dianggarkan, Pesepeda 20 Negara akan Terlibat, Hadiah Capai Ratusan Juta

Penulis: Iwan Bahagia

TAKENGON, SUARAGAYO.Com – Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Aceh Tengah, resmi menggangarkan dana untuk event olahraga sepeda, Tour de Lut Tawar 2022.

Rencana ini muncul seiring digalakkannya program sport tourism, sebab daerah penghasil kopi Arabika Gayo itu merupakan kawasan pariwisata.

“Pada tahun 2022, berbagai event mendukung sport tourism di Aceh Tengah akan digelar, salah satunya event berkelas internasional, Gayo Sport Tourism Seri 1 yang bertajuk “Tour de Lut Tawar,” ucap Zulfan, ditemui di Sekretariat KONI Aceh Tengah, Jumat (3/11/2021).

Tak main-main, pihaknya akan melibatkan atlet sepeda dari 20 negara di dunia pada event itu. Pun jika tak tercapai ungkap Zulfan, minimal Dispora Aceh Tengah akan melibatkan 10 negara dengan total hadiah untuk Juara 1 yang mencapai 100 juta rupiah.

Bahkan Rencananya, kegiatan berskala internasional itu akan mengundang Presiden RI, Joko Widodo sebagai pembuka kegiatan, apabila tercapai 20 negara peserta lomba.

Namun bila masih dalam suasana pandemi lanjut Zulfan, Dispora Aceh Tengah yang kemungkinan bekerjasama dengan Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Aceh Tengah, akan menggelar kegiatan itu dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Kita sudah menganggarkan kegiatan ini, dan dinamai program Tour de Lut Tawar,” ungkap Zulfan.

Pihak Dispora juga sudah mengkoordinasikan dengan pelaku usaha wisata, dan Linge Land bersedia menjadi Sekretariat panitia pelaksana Tour de Lut Tawar.

Sebagai Pengembangan Sport Tourism

Terkait tujuan kegiatan Tour de Lut Tawar sebut Zulfan, merupakan upaya menggalakkan sport tourim untuk mengundang wisatawan dari mancanegara.

Sementara itu pada sektor ekonomi, Tour de Lut Tawar akan membantu pelaku usaha diberbagai sektor, mulai dari guide, pemilik penginapan, pemilik usaha kuliner maupun UMKM dan pemilik destinasi wisata yang dipastikan akan dikunjungi dan dinikmati wisatawan.

“Dengan Tour de Lut Tawar ini, diharapkan para pelaku usaha wisata mulai berbenah untuk memperbaiki sarana dan pra sarana usaha pariwisata yang dimiliki,” ungkap Zulfan.

Konsep kolaborasi olahraga dan budaya dan wisata ini terangnya, akan dikoneksikan dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Kementerian Pariwisata serta Dinas Pemuda Olahraga Aceh serta Dinas Pariwisata Aceh.

Terkait launching program Tour de Lut Tawar, pihaknya memperkirakan akan dimulai pada HUT Kute Takingen, Februari mendatang dan dilaksanakan pada 17 Agustus 2022.

“Tentu ini juga realisasi sebagai visi dan misi Pemkab Aceh Tengah dalam bidang olahraga yang sangat di dukung Pak Bupati. Pastinya harus mendapat dukungan dari masyarakat. Semoga rencana Tour de Gayo segera terwujud,” pungkas Zulfan.

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button