GAYOTakengonTravel

Trio “Pang Gitar” Tampil Memukau di Pinggir Danau Lut Tawar

Penulis: Iwan Bahagia

TAKENGON, SUARAGAYO.Com – Tiga gitaris Gayo tampil memukau dihadapan pengunjung di Lut Tawar Cafe, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah, Minggu (14/3/2021).

 

Mereka adalah trio “Pang Gitar”, yaitu Joel Tampeng, Hardy “Ay” dan Bayak Kusuma.

 

Ketiga musisi ini tampil ciamik dengan membawakan sejumlah lagu, dibuka dengan kolaborasi bersama Sanggar Pegayon yang digawangi Azzam, serta R2 Production yang dipimpin Darno.

 

Menurut Ketua Panitia, Boby Tarigan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan bakat masyarakat terhadap seni tradisi maupun modern, serta melawan gerusan zaman yang semakin canggih.

 

“Banyak dari kita di Gayo yang tidak lagi eksis karena gerusan zaman yang semakin modern, sehingga perlu kembali menampilkan musisi dari Gayo, dua diantaranya selama ini eksis di luar daerah,” kata Boby.

 

Sementara itu, salah seorang gitaris asal Gayo, Joel Tampeng yang ikut tampil dalam kegiatan itu mengungkapkan, pentingnya masyarakat mengetahui bahwa seni itu didefenisikan secara luas. Bukan dengan pakem tertentu.

 

Sebab, dunia seni itu memiliki berbagai persepsi dan masih terus berkembang sesuai dengan perkembangan jaman, tidak melulu tentang tradisi. Dan perdebatan ini masih akan terus terjadi, yaitu terkait para seniman yang mengikuti modernitas, serta pelaku musik tradisi.

 

“Izinkan kami berkolaborasi, memperdengarkan kembali jenis musik, bagian dari seni yang dimaknai secara luas, sangat luas,” ucap putra Gayo kelahiran Tampeng, Gayo Lues tersebut.

 

Menyaksikan peristiwa itu, seorang pengunjung Lut Tawar Cafe, Satria Darmawan merasa kagum dengan kehadiran talenta Gayo di lokasi yang persis berada dipinggiran Danau Lut Tawar itu.

Menurutnya, event seperti ini bisa menjadi tontonan menarik bagi wisatawan yang melancong ke Gayo.

 

“Kalau yang tradisi, modern, tetap menarik bagi wisatawan. Mudah-mudahan banyak yang akan membuat acara seperti ini,” sebutnya

 

Satria bahkan mengaku ikut merekam momen tersebut lewat gawai miliknya, untuk ditonton pencinta musik melalui kanal youtube miliknya.

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button