EdukasiGAYOTakengon

Yuk Intip Suasana Taman Baca selama Ramadan di Tugu Aman Dimot

Penulis: Raja Said M

TAKENGON, SUARAGAYO.Com – Komunitas Serumpun Bambu Gayo Mengajar, membuka Taman Baca di Tugu Aman Dimot, Kota Takengon, Aceh Tengah, Minggu (17/4/2021).

Kegiatan terkait dunia literasi ini dilakukan dalam rangka memeriahkan ramadan 1442 H di Takengon.

Taman Baca dibuka sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama untuk meningkatkan minat baca bagi masyarakat Aceh Tengah. Selain itu kegiatan ini sekaligus juga dapat dijadikan sebagai kegiatan ibadah sosial di bulan nan suci.

Seperti disampaikan Randi Cepot (26), salah seorang panitia pelaksana Taman Baca di Tugu Aman Dimot.

 

Taman baca
Suasana taman baca di Tugu Aman Dimot. (Foto: Raja Said M)

 

Ia merasa gelisah, sebab tak sedikit anak-anak yang berusia 6 sampai 15 tahun yang justru pada sibuk dengan gawainya masing-masing.

“Alhamdulillah dengan momentum masuknya pada bulan yang baik ini, yaitu bulan Ramadan tentu menimbulkan semangat bagi diri dan kawan-kawan untuk melakukan giat literasi secara integritas meski dengan cara yang sederhana ini, apalagi dengan melihat kondisi generasi anak bangsa sekarang yang lalai bermain game online, tiktok dan lain berbagainya,” begitu kata pria yang akrab disapa Cepot itu, ditemui Suaragayo.com, Minggu (18/4/2021).

Ia menjelaskan, agenda ini sudah lama terpikir olehnya, namun sebelumnya banyak kendala yang membuat ragu untuk melaksanakan.

 

Panitia Taman Baca telihat sibuk melayani sejumlah tamu. (Foto: Raja Said M)

 

Salah satu alasan sempat terkendala membuka taman baca karena sulitnya mengumpulkan orang banyak di tengah pandemi Covid-19. Ia juga khawatir menjadi sorotan saat pandemi semakin mewabah beberapa bulan lalu.

Dirinya berharap, kegiatan ini dapat menumbuhkan kegemaran minat membaca lagi bagi masyarakat di tanoh Gayo, sehingga bisa terbentuk sumber daya manusia yang siap membangun di daerah berhawa sejuk itu.

“Taman bacanya terbuka untuk umum, dan di sini komunitas Serumpun Bambu Gayo Mengajar juga menerima open donasi, baik itu dalam bentuk buku, atau lainnya yang bermanfaat untuk komunitas ini,” ungkapnya.

Selain kegiatan itu, Cepot juga menyampaikan Komunitas Serempun Bambu Gayo Mengajar juga akan mengunjungi sejumlah anak-anak yang berada disejumlah panti asuhan.

Ia berharap doa dan dukungan, baik dari pemerintah maupun seluruh masyarakat Kabupaten Aceh Tengah, agar kegiatan ini berjalan dengan lancar.

“Kegiatan ini akan diselenggarakan selama ramadan, dan kita pertimbangkan melakukan hal yang sama setelah ramadan,” pungkasnya.

Editor: Iwan Bahagia

Facebook Comments Box

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button